Minggu, 04 Januari 2015

City Tour Jakarta



Sejak kemunculan bis tingkat ini atau city tour jakarta saya sudah sangat antusias untuk mencoba bus gratis ini. Baru kemarin terlaksana, awalnya gak ada niatan untuknaik bus ini, namun karena rasa penasaran dan lagi ada temen yang emang pengen nyoba juga akhirna saya
Perjalan saya mulai dari halte bis istiqlal, nunggunya lumayan lama juga loh, hampir sekitar 1 jam.
Karena bus tingkat ini bus pariwisata, maka pelayanan sangat diutamakan. Sewaktu mau  naik, kita juga akan diminta untuk mendahulukan penumpang yang turun dulu. Petugas bus tingkat juga menyambut kita dengan ramah, layaknya turis. Ada 4 kru Bus tingkat, salah satunya ada polisi pariwisata. Jadi kita aman di sana.
Petugas melarang kita buat jalan-jalan di dalam bus, mereka minta kita duduk gitu. Karena  pengen ngerasain duduk dari berbagai angle bus ini, jadinya kalo mau pindah sewaktu bus berhenti di halte atau pas lagi macet aja

Dari Jl. Medan Merdeka Barat, bus ini gak langsung ke Jl. MH. Thamrin tapi belok dulu ke Balaikota di Jl. Medan Merdeka Selatan.
Bus ini lewat 30 menit sekali mungkin lebih tepatnya 30menit lebih dan hapir 1 jam.. Operasional bus ini kalo hari Senin-Sabtu itu pukul 9:00 – 19:00 dan Minggu 12:00 – 19:00 karena Minggu pagi ada CFD. Jadi jangan sampai salah nunggu ya..
Halte-haltenya: Bundaran HI—Sarinah—Museum Nasional—Halte Santa Maria—Pasar Baru—Gedung Kesenian Jakarta—Masjid Istiqlal—Istana Merdeka—Monas—Balaikota—Sarinah—Bundaran HI
Jadi untuk 3 bulan pertama bus tingkat ini gratis. Sebagai masa perkenalan kali ya.. setelah itu katanya bakalan ada tiketnya yang disebar di hotel-hotel yang dilintasi oleh Bus Tingkat ini.
Menakjubkan! Rasanya ingin naik lagi karena gratis! Haha.. Gak sih, biasa aja naiknya hahaha.. ada beberapa catatan yaitu bus tingkat ini agak pusing kalo duduk di dekat pintu, karena lantainya rendah dan ceper jadinya guncangannya kerasa banget. Yang enak tuh di lantai atas, tapi kalo mau serius menyimak dari pemandu wisata itu lebih enak di lantai bawah, walopun di lantai atas juga masih kedengeran suara dia.
Di bus ini ada 1 orang tour guide yang menemani perjalanan kita. Dia akan menjelaskan segala sesuatu tentang Jakarta, dari mulai gedung yang kita lewati, tempat wisata, tempat oleh-oleh khas Jakarta dan lain-lainnya. Penyampaian materinya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tapi sayang sih bahasa Inggrisnya masih belum sampe tahap ‘fluent’ gitu.. Untuk posisi tour guide sih masih kurang menurut saya. Terus menurut saya agak membosankan, seperti kurang antusias aja hehe.. terus agak kurang interaktif dengan penumpang.. Mungkin ia lelah..

saya pikir karena ini bus pariwisata Jakarta bakalan muterin lagu-lagu tradisional Betawi atau lagu-lagu Betawi jaman dulu. Tapi sepanjang perjalanan yang diputar adalah lagu-lagu Top 40 saat ini. Kayanya sih ini radio, tapi lupa ini radio apa. Aneh aja lagi naik bus pariwisata Jakarta malahan musiknya Unconditionaly by Katy Perry.

Di lantai 1 ini ada total 4 orang petugas. 1 orang wanita sebagai supir, 1 pemandu wisata, 1 petugas bus, 1 polisi wisata. Sedangkan di atas gak ada petugas sama sekali. Agak sayang sekali sih kalo di atas gak ada petugas, karena yang di bawah itu mubazir. Menurut gue sih mendingan polisi itu di atas aja. Karena jumlah kursi di atas itu lebih banyak daripada di bawah. Otomatis penumpangnya juga lebih banyak.

Akhirnya setelah 1 jam perjalanan sampai juga di tujuan akhir yaitu Halte Masjid Istiqlal,itu artinya perjalanan selesai. karena hanya di perbolehkan naik satu kali putaran saja,dan bergantian dengan yang lain,kalau mau naek lagi ya tunggu kedatangan bus selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar