Selasa, 27 Januari 2015

Resep Puding Coklat

RESEP PUDING COKLAT SPESIAL LEZAT
resep puding coklat dibawah ini cara membuatnya resep puding coklat
Bahan bahan untuk Membuat Puding Coklat
  1. 2 bungkus agar-agar beraroma coklat. Merek sesuai selera, tetapi pilih yang kualitasnya baik.
  2. Gula pasir putih tergantung selera. Untuk yang suka manis kira kira butuh sekitar 100-140 gram.
  3. Coklat halus atau coklat bubuk  25 gram. Gunakan coklat yang berkualitas baik karena sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya nanti.
  4. Coklat gelap atau dark cooking coklat 250 gram. Potong potong kecil kecil dulu sebelum digunakan supaya mudah lumer dan tercampur dengan bahan puding yang lainnya.
  5. Susu coklat cair kurang lebih sebanyak 2,250 ml.
  6. Garam beryodium secukupnya (kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil)
Cara Membuat Puding Coklat
  1. Siapkan tempat untuk merebus atau panci ukurang sedang.
  2. Masukkan bahan utama agar agarnya dan campur dengan coklat bubuk, garam dapur dan gula pasir putih yang sudah dipersiapkan diatas. Aduk aduk dan campur sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil dan tuang sediki demi sedikit susu cair atau air yang sudah dipersipakan di atas sambil tetap diaduk. Ingat, proses pemasukan susu cair nya bertahap jangan sampai ada gumpalan gumpalan kecil. Tunggu sampai susu benar benar tercampur dengan bahan lain sebelum menambahkan susu cairnya lagi.
  4. Tunggu sampai mendidih sambil tetapi di aduk.
  5. Masukkan dark coklatnya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Jangan lupa untuk memotong motong terlebih dahulu supaya mudah tercampur dengan adonan puding yang lain.
  6. Siapkan cetakan yang akan digunakan. Tuang adoanan puding diatas ke dalam cetakan. Tunggu sebentar sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Bahan bahan dan Cara Membuat Saus Vla

  1. Karena kita akan membuat saus vla dengan rasa vanila, kita membutuhkan vanila halus atau bubuk sebanyak setengah sendok kecil. Kalau tidak ada bisa juga menggunakan vanila extract atau dikenal juga dengan vanilla essence yang bisa dibeli di toko roti atau toko kelontong dekat rumah (butuh sekitar 1.5-2 sendok kecil).
  2. Gula pasir putih sebanyak kurang lebih 250 gram.
  3. Susu cair kualitas bagus sebanyak kurang lebih 700-750 ml. Lebih baik menggunakan susu UHT rasa vanila supaya hasilnya bagus dan kental.
  4. Tepung maizena untuk mengentalkan saus vla nya sebanyak kurang lebih 3 sendok makan.
  5. Garam dapur beryodium sedikit saja atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
Membuat Saus Vla 
  1. Siapkan satu panci ukuran kecil sedang. Masukkan gula pasir yang sudah disiapkan dan tepung maizenanya. Aduk sebentar supaya tercampur rata.
  2. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil. Masukkan 1/3 bagian susunya dan aduk supaya tercampur rata dengan gula dan tepung maizenanya.
  3. Masukkan garam beryodium dan aduk lagi sebentar.
  4. Masukkan 2.3 bagian sisa susu cair yang sidah disiapkan. Aduk kembali sampai saus vla nya agak mengental lalu matikan kompor dan angkat pancinya.
  5. Diamkan sebentar sampai uap panasnya hilang lalu masukkan vanilla essence. Aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata lalu diamkan.
  6. Supaya tekstur saus vlanya bagus, masukkan saus vla diatas yang sudah dingin ke dalam blender dan kocok sebentar.
  7. Setelah Puding dingin, keluarkan dari cetakan kemudian tambahkan saus vla diatasnya. Puding siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar