Selasa, 27 Januari 2015

Khasiat Buah Mengkudu

Buah mengkudu manfaat kandungan dan cara mengolah nya untuk kesehatan, banyak orang yang mengkonsumsi sari mengkudu akhir akhir ini. Buah mengkudu adalah khas buah tropis yang berasal dari negara negara asia khususnya Negara Indonesia. Buah mengkudu termasuk tanaman herbal yang sangat popular dang khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan.

Buah mengkudu bisa tumbuh subur di Indonesia. Bila anda ke daerah anda akan dengan mudah menemukan buah mengkudu. Untuk itu bagi anda yang ingin menggunakan buah mengkudu untuk tujuan pengobatan anda akan dengan mudah mendapatkannya


Masing masing daerah biasanya menyebut buah mengkudu dengan nama yang berbeda. Ini menandakan bahwa buah mengkudu sudah ada dan popular sejak jaman dahulu. Dari jaman dahulu nenek moyang kita sudah memanfaatkan buah mengkudu untuk berbagai macam keperluan dan salah satunya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.Buah mengkudu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit karena buah mengkudu mengandung berbagai senyawa kimia yang berguna menjaga stamina tubuh dan untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Saya pribadi tidak menyangka bahwa buah mengkudu yang sering kita pandang sebagai buah yang tidak mempunyai nilai ekonomis itu ternyata bisa memberikan banyak manfaat. Buang mengkudu bisa di katakan buah yang jarang di konsumsi. Rasa buah mengkudu bisa di katakan jauh dari rasa enak. Oleh sekali hampir tidak ada orang yang mau mengkonsumsi buah mengkudu. Banyak sekali terutama di pedesaan buah mengkudu di biarkan saja tanpa di manfaatkan. Bila kita tahu bahwa buah mengkudu sangat baik untuk kesehatan, tentu hal ini sangat menguntungkan bagi kita karena kita bisa mendapatkan buah mengkudu dengan mudah dan murah.


Pemanfaatan bahan bahan atau tanaman herbal yang lain saat ini sedang gencar gencarnya di lakukan oleh masyarakat. Hal ini karena sudah terjadi perubahan trend dalam masyarakat di mana banyak orang ingin kembali ke alam. Banyak orang yang berusaha menggunakan bahan bahan alami untuk mengikatkan kesehatan atau mengobati penyakit yang mereka alami. Oleh karena itu, buah mengkudu satu ini banyak di cari oleh masyarakat.


Pada penelitian ilmiah para ahli menemukan protein dan vitamin yang tinggi. Ada juga silinium yang berfungsi sebagai anti oksidant, terponoid untuk regenerasi sel, zat anti bacteria, zat trepenes. Di dalam buah mengkudu juga mengandung moridon, soranjundio dan masik banyak lagi zat kimia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia

Manfaat Buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah mengkudu sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti:
a. Meningkatkan system imun dalam tubuh

b. Melawan kanker.

c. Menormalkan tekanan darah.

d. Meningkatkan regenerasi sel.

e. Melawan radikal bebas.

f. Mengatasi diabetes.

g. Mengatasi penyakit jantung.

h. Dan masih banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari buah mengkudu.


Cara mengolah buah mengkudu.

Bila kita ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari buah mengkudu maka kita harus berusaha untuk mengambil sari nya. Hal ini bisa di lakukan dengan cara di jus atau di blender. Setelah buah mengkudu di blender maka anda harus menyaringnya untuk mendapatkan sari nya. Anda juga bisa menambahkan madu secukupnya.
Tanaman herbal seperti yang kita bahas di atas saat ini semakin populer. Banyak orang kembali ke tanaman herbal untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Mengkonsumsi obat obatan herbal tentu lebih murah efektif dan tanpa efek samping. Saya kira penggunaan tanaman Herbal di masyarakat perlu di dorong dan ditingkatkan. Penggunaan obat herbal harus di fasilitasi. hal ini sangat penting mengingat mahal nya biaya pengobatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar