Selasa, 27 Januari 2015

Mengurangi rasa malu

Seringkali kita mengalami perasaan yang tidak nyaman akibat dari sifat malu pada diri kita. Hal yang wajar saja ketika kita merasa malu untuk sesuatu yang buruk atau jelek terjadi pada diri kita, bahkan ada yang mengatakan jika orang yang tidak memiliki sifat malu seperti orang gila.
Ketika rasa malu atau sifat malu yang ada pada diri Anda itu sebatas kewajaran, maka Anda normal-normal saja. Bahkan, jika Anda tidak memiliki rasa malu tentu Anda akan dijauhi oleh orang atau Anda saat ini memiliki sifat yang pemalu, maka Anda justru menjauhkan diri Anda dari orang lain. Banyak orang yang memilki sifat malu terlalu berlebihan, sehingga merasa bahwa diri mereka akan gagal, diketawain, jelek, atau yang lainnya.


Mungkin disekitar Anda ada yang mengalami hal ini (sifat pemalu), bahkan bisa jadi diri Anda sendiri yang mengalami hal ini. Biasanya orang yang memiliki sifat pemalu akan menjauhkan diri mereka dari segala sesuatu yang dianggap sebagai kekurangan pada dirinya. Sebagai contoh, ada orang yang malu untuk berbicara didepan orang banyak karena menganggap suaranya itu jelek. Ada orang yang malu dan akhirnya tidak berani presentasi dikelas, karena takut gagal dan mengecewakan, atau ada juga yang malu gara-gara tidak bisa naik motor yang akhirnya mengurung diri mereka sendiri.


Ketika Anda atau saudara dan teman Anda memang memiliki sifat pemalu yang terlalu berlebihan, maka jangan perbah jauhi dia, karena yang dibutuhkan bagi mereka yang memiliki sifat pemalu adalah teman yang nyaman dan tidak menjadikan diri mereka bahan ketawaan. Jika Anda ingin mengetahui ciri-ciri dari orang yang pemalu. Maka,


Berikut Ciri-Ciri dari Orang yang Pemalu:

Tidak mudah bergaul dan suka menyendiri

Memiliki mental dan rasa percaya diri yang lemah

Terlalu sensitif terhadap segala sesuatu yang ada disekitarnya

Selalu gelisah disaat berjalan, atau berkumpul dengan banyak orang

Sering murung, melamun dan tidak suka bercanda dengan banyak orang

Mudah cemas, merasa takut dan selalu ragu-ragu dalam melakukan sesuatu

Mukanya merah padam ketika merasa malu saat mendapatkan respon buruk terhadap dirinya

Semua manusia memang memiliki sifat malu, namun jika Anda termasuk orang yang memiliki sifat malu secara berlebihan, maka biasanya Anda akan sulit untuk menemukan teman yang sesuai dengan diri Anda. Bahkan orang yang pemalu sering membawa cahaya negatif yang akan berdampak pada lemahnya kepercayaan orang terhadap dirinya. Maka dari itu, jika Anda memang mengalami hal ini, Anda harus bisa mengatasi dan menghilangkan sifat pemalu Anda.


Berikut Tips Untuk Mengatasi Sifat Pemalu yang Berlebihan:

Usahakan untuk tidak merasa malu terhadap diri Anda sendiri

Kenali rasa tidak nyaman pada diri Anda, dan buang hal itu dari dalam diri Anda

Cobalah untuk menerima pendapat, kritik dan saran dengan senang hati

Memandang segala sesuatuny dari sisi positif

Konsultasikan diri Anda kepada orang yang Anda angap mampu memberikan solusi

Mencoba untuk selalu berkomunikasi terhadap orang disekitar Anda

Berani untuk mencoba dan melakukan sesuatu yang baru

Mensyukuri segala sesuatu yang Anda terima atau dapatkan

Tingkat kepercayaan diri serta mentalitas Anda

Ciptakan suasana senang, nyaman dan tentram didalam jiwa, pikiran dan tubuh Anda

Memang untuk mencapai sebuah tujuan dalam berkehidupan itu tidak ada yang mudah, cepat dan langsung tercapai, dibutuhkan kerja keras, niat, usaha untuk mencapai semua itu. Begitu pula untuk menghilangkan sfat pemalu dan mengatasi mental Anda yang lemah. Jika Anda sudah melakukan tindakan diatas dengan baik, maka secara bertahap Anda akan mempunyai kemampuan untuk bisa lebih percaya diri.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar