Senin, 08 Desember 2014

Manfaat Kritikan

Setelah pada post sebelumnya membahas tentang cara menyikapi kritikan, kali ini akan di bahas mengenai manfaat dari kritikan untuk diri kita sendiri. Sebenarnya semua kembali pada diri kita dalam menyikapi kritikan tersebut, masing-masing individu akan mempunyai cara berbeda dalam menyikapi kritikan yang datang pada dirinya, namun bila kita jeli dalm menyikapi hal itu, maka kita akan mendapat beberapamanfaat dari kritikan tersebut, diantanya:
 

1. Bisa lebih menahan emosi
Kritik, apalagi yang berasal dari orang-orang terdekat seperti sahabat, kekasih atau orang tua kita seringkali akan lebih sulit diterima. Walaupun kritik tersebut diutarakan dengan lembut, tetap saja kita sulit menerimanya karena kita berharap orang-orang terdekat kita akan selalu mengerti dan mendukung kita.
Mendengarkan kritik adalah kesempatan bagi kita untuk memahami bahwa wujud pengertian dan dukungan itu bisa berbagai macam.


2. Akan Membantu Mengurangi Ego-Mu

Memiliki ego yang besar akan menghambat perkembanganmu. Pada taraf yang lebih besar, ini bisa merusak hubunganmu dengan orang lain. Mendengarkan kritik membuatmu bisa berpikiran lebih terbuka, dan menerima bahwa kamu tidak lebih baik dari orang-orang di sekitarmu.


3. Menyadarkanmu Bahwa Kamu Tidak Akan Pernah Bisa Menyenangkan Semua Orang
Wajar memang jika kita ingin menyenangkan orang lain, namun kadang keinginan bisa membuatmu kesulitan sendiri. Kritik menjadi salah satu pengingat bagimu bahwa tidak semua orang bisa kamu bahagiakan.


4. Bisa Memberi Pengertian Pada Orang Lain
Kritik yang ditujukan padamu mungkin akan membuatmu jengkel, namun saat kamu bisa mengelola emosimu, kamu akan bisa memberi pengertian pada orang lain tentang bagaimana sebaiknya memperlakukanmu. Kamu juga bisa menunjukkan bagaimana cara mengutarakan kritik yang benar, agar tidak melukai sang penerima kritik.


5. JanganTerlalu Memikirkan Masalah Sepele
Kritik dan masalah yang datang dalam kehidupan kita setiap saat bukannya tanpa tujuan. Masalah datang untuk kamu selesaikan, sedangkan kritik ada untuk mengingatkanmu bahwa ada beberapa dari masalah itu yang tidak perlu pusing kamu pikirkan.


6. Melatihmu Untuk Efisien Waktu
Kritik akan melatihmu untuk lebih efisien dalam menggunakan waktumu. Perlahan kamu akan mulai sadar bahwa saat kamu terus-terusan terpuruk akibat kritik, maka kamu tidak akan punya waktu untuk memperbaiki dirimu.


7. Mengajarimu Rasa Empati
Rasa dan pengalaman yang kita dapatkan saat dikritik tentu akan selalu membekas bagi kita. Kita bisa tahu bagaimana rasa sakit yang diakibatkan sebuah kritik yang kasar. Untuk ke depannya, kita bisa lebih hati-hati saat akan mengkritik orang lain.


8. Melatihmu Mengatur Emosi
Menghadapi kritik membutuhkan pengendalian diri dan emosi yang cukup besar. Semakin sering kamu mendapat kritik, semakin banyak kesempatanmu untuk mahir mengendalikan emosi negatif dalam dirimu.


9. Menguatkan Kekuatan Personal
Sesaat setelah kamu mendapatkan sebuah kritik, bisa saja kamu membutuhkan beberapa saat untuk mengatur emosi serta menenangkan dirimu sendiri. Kamu bisa mencoba untuk menuliskan perasaan dan amarahmu dalam sebuah buku harian. Hal ini terbukti mampu untuk mengendalikan emosimu.


10. Dalam Beberapa Kasus, Kritik Justru Akan Membuatmu Benar-Benar Mengenali Orang Lain
Dari sebuah kritik yang ditujukan padamu, perlahan kamu akan bisa menilai orang lain. Apakah dia adalah orang yang bisa dipercaya? Apakah dia orang yang sopan? Atau apakah kamu lebih baik berteman dan menjalin hubungan baik dengannya atau tidak?
 

11. Lebih Menghargai Proses
Pujian memang manis dan menyenangkan, namun kritiklah yang sebenarnya menjadi bumbu dalam proses penggapaian hidupmu. Setelah melewati masa-masa di mana kritik pedas membuatmu terpuruk dan hampir menyerah, apa yang kamu raih hingga kini tentu akan menjadi terasa lebih manis.

12. Membuatmu Menjadi Lebih Positif
Lakukan hal yang berbeda tiap harinya dan buat tantangan bagi dirimu sendiri. Misalnya, jika kedua orang tuamu mengkritik sifatmu yang pemalas dan jarang bangun pagi, kamu bisa membuat mereka terkejut dengan bangun pagi sebelum jam 5 dan melakukan berbagai pekerjaan rumah. Rasakan kebanggaan tersendiri yang akan kamu dapatkan saat kamu bisa membuktikan bahwa anggapan 

buruk mereka padamu itu salah.
 

13. Tidak Ada Manusia Yang Sempurna
Berlapang dada menerima kritik akan mengingatkanmu bahwa ketidaksempurnaan adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari manusia. Tidak ada manusia yang sempurna, dan kamu memang tidak perlu mencoba untuk menjadi sempurna. Kamu cukup berusaha semaksimal mungkin, dan biarkan waktu yang memberikan hasil dari kerja kerasmu.
Saat kamu telah berani mengakui kelemahanmu, hal terbaik yang bisa kamu dapatkan adalah kamu lebih bisa menikmati hidup, dan tetap merasa bahagia sekalipun hidup sedang tidak ramah kepadamu.
Demikian ya… Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar