Jumat, 31 Oktober 2014

Pengertian, Sikap, dan cara menjadi seorang Wirausaha



1.    Pengertian wirausaha
Beberapa pengertian wirausaha adalah sebagai berikut:
1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur mengatur permodalan operasinya.
2. Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dan fungsinya untuk melakukan inovasi atau kombinasi-kombinasi yang baru untuk sebuah inovasi.
3. Wirausaha, yaitu melakukan sebuah proses yang disebut creative destruction (pengrusakan yang kreatif) untuk menghasilkan suatu nilai tambah (added value) guna menghasilkan nilai yang lebih tinggi, sehingga the core of entrepreneurial skill is creativity (inti dari ketrampilan wirausaha adalah kreativitas).
4. Wirausaha adalah orang yang berani mengusahakan suatu pekerjaan baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain.
5. Menurut Richard Cantillon (1755), entrepreneurial is an innovator and individual developing something unique and new (wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru).
6. Menurut J.B Say (1803), wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efekif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi lebih tinggi.
7. Menurut Dan Stein dan John F. Burgess (1993:35), wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.
8. Menurut Schumpeter (dalam Bygrave, 1996), wirausaha adalah seorang yang memperoleh peluang dan menciptakan oragnisasi untuk mengejar peluang tersebut.
9. Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004), wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa dijual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa wirausaha adalah seseorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.
2.    Sikap yang perlu diperlihatkan oleh seorang wirausaha dalam rangka membuat bisnisnya berhasil!
Beberapa sikap positif yang harus dibangun agar meraih kesuksesan sebagai pengusaha, antara lain :

1. Rasa Percaya Diri
Sikap percaya diri sangat penting untuk seorang pengusaha. Ketika berhadapan dengan konsumen, kita dapat menjelaskan secara detail tentang usaha yang kita jalankan, mengatur karyawan dengan tegas, dan hal lain. Percaya diri dapat dilatih agar sikap ini menjadi karakter kita secara konsisten. Agar rasa percaya diri bisa tumbuh dan berkembang, ada beberapa faktor yang diperhatikan. Yaitu tetap fokus terhadap wirausaha yang kita rintis. Jangan terpengaruh oleh keadaan lingkungan yang bisa mempengaruhi kita. Disamping itu tanamkan bahwa kita bisa melakukan apa yang kita mau, tantang diri kita untuk melakukan hal yang dianggap orang lain mustahil. Bila kita bisa melakukannya, maka rasa percaya diri terhadap diri akan naik.

2. Sikap Leadership
Apa yang dimaksud dengan sikap leadership? Sikap leadership yakni sikap kepemimpinan. Sebagai owner dari sebuah usaha, otomatis kita dituntut untuk selalu mengambil keputusan demi kelancaran usaha. Seorang pengusaha yang mempunyai jiwa leadership tahu dengan persis kemana arah dan tujuan usaha yang dibangun, serta visi dan misi jelas. Langkah-langkah yang harus dilaksanakan untuk meraih tujuan sudah ada didalam pikiran seorang pemimpin.

3. Berkomitmen dan Disiplin
Komitmen dan disiplin tinggi adalah kunci kesuksesan. Seorang pengusaha harus memiliki itu, karena tanpa komitmen dan disiplin tidak akan maju dan berkembang usahanya. Komitmen diartikan sebagai suatu sikap tanggung jawab terhadap apa yang sudah kita bangun. Contohnya saat terjadi masalah, atau kerugian terhadap usaha, komitmen kita untuk selalu pantang menyerah dan semangat membangun usaha kembali adalah suatu hal yang berharga. Sedangkan disiplin melengkapi sikap komitmen tersebut. Otomatis ketika kita sudah berkomitmen terhadap sesuatu, maka tindakan disiplin akan mengikutinya.

3. Cara yang dapat ditempuh jika seorang ingin menjadi Wirausaha!.
Ada banyak cara yang bisa di tempuh untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses, diantaranya :
1. Buat rencana bisnis yang matang

Rencana bisnis yang matang adalah salah satu instrumen penting untuk memulai usaha yang sukses.  Rencanakanlah langkah-langkah anda di dunia usaha sedetail mungkin.  Buat analisa-analisa dan perhitungan tentang berapa besar jumlah uang yang harus anda keluarkan, berapa besar keuntungan potensial yang bisa diraih, serta berapa lama anda akan balik modal.  Jika perlu, sewalah seorang akuntan atau bisnis planner untuk membantu anda menyusun rencana bisnis.

2. Lihatlah peluang-peluang bisnis yang tidak dilihat oleh orang lain

Salah satu karakter yang bisa membantu untuk melihat peluang-peluang bisnis ini adalah cara berpikir yang positif.  Kreativitas yang tinggi juga diperlukan untuk menemukan peluang-peluang yang tidak terduga oleh orang lain.  Jangan berhenti melakukan riset, dan teruslah mencoba untuk berinovasi.

 3. Anda harus memiliki passion (gairah) dalam usaha anda
 
Apapun wirausaha yang nantinya akan anda jalani, pastikan di sana terdapat gairah dan passion anda.  Artinya, usaha tersebut harus mampu membuat anda dengan sukarela bekerja keras dan melakukan berbagai inovasi.  Ingat, seorang wirausahawan yang sukses tidak hanya membutuhkan modal yang besar dan kemampuan untuk menganalisa pasar, tapi juga gairah terhadap bidang yang ditekuninya.

4. Manajemen waktu

Bagi wirausaha yang sukses, manajemen waktu yang tepat adalah kunci dari keberhasilan.  Anda harus terbiasa untuk mengatur waktu dengan disiplin sejak sekarang.  Alokasikan waktu dengan seimbang, waktu untuk bekerja, beristirahat, dan untuk rileks.  Manajemen waktu yang baik akan membuat pekerjaan-pekerjaan anda lebih efisien dan efektif.

5. Cari tim yang bagus, dan percayalah pada mereka

Anda tidak bisa menjadi seorang wirausaha sukses tanpa bantuan orang lain.  Oleh karen itu, kumpulkanlah orang-orang terbaik yang sudah anda seleksi dengan ketat.  Beri mereka pekerjaan, dan percayailah mereka seperti anda mempercayai diri sendiri.  Tentu saja, anda tetap harus memonitor dan mengecek kinerja tim anda.  Namun yang paling penting, tunjukkanlah rasa percaya anda kepada mereka, sehingga tim anda akan lebih loyal dan berkomitmen dalam bekerja.

6. Kerja keras

Tak bisa dibantah lagi, jika anda berniat untuk menjadi wirausaha yang sukses, bersiaplah untuk bekerja keras.  Jika anda ingin lebih cepat sukses, maka anda harus bekerja lebih keras.  Jangan takut jika anda masih berkutat dengan pekerjaan-pekerjaan anda sementara orang lain sudah duduk santai di rumah masing-masing.  Anggaplah kerja keras yang anda lakukan saat ini sebagai sebuah investasi di masa depan.

7. Jaga kesehatan diri anda

Prinsip ini sudah jelas.  Jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan anda baik secara fisik ataupun mental.  Jika tubuh anda sehat, maka tentunya anda bisa bekerja lebih produktif.  Perhatikan pola makan anda, usahakan untuk makan dengan menu yang bergizi.  Jangan lupa pula untuk olahraga dan tidur secara teratur.  Untuk kesehatan mental, cobalah untuk beribadah sesuai dengan kepercayaan anda, bermeditasi, dan berkomunikasilah dengan orang-orang yang anda cintai.

8. Prediksi, antisipasi, dan tanggapi perubahan-perubahan baru yang mungkin terjadi.

Kesigapan dalam menanggapi suatu perubahan adalah faktor vital yang menentukan sukses dan tidaknya seorang wirausaha.  Pastikan untuk terus mengikuti berita-berita sosial, politik, ekonomi, dan budaya terbaru, terutama yang berhubungan dengan usaha anda.  Jika anda mendeteksi adanya kemungkinan perubahan besar-besaran di masa depan, antisipasilah hal itu.  Pertama, analisa apakah perubahan tersebut bisa membawa kerugian bagi usaha anda.  Jika ya, maka minimalisirlah.  Analisa selanjutnya, lihatlah peluang-peluang yang ditimbulkan perubahan tersebut untuk mendapatkan untung bagi usaha anda.

 9. Kejujuran dan integritas

Tak ada wirausaha yang sukses tanpa kejujuran dan integritas.  Kejujuran akan membuat anda lebih dipercaya klien-klien serta membuka peluang-peluang baru yang mungkin sebelumnya tertutup.  Kejujuran juga akan membuat nama anda semakin bagus di mata konsumen.

10. Nikmati perjalanan panjang anda menuju kesuksesan

Nikmatilah perjalanan ini sebagai suatu hal yang menyenangkan.  Anggap setiap rintangan dan duka yang anda hadapi sebagai batu asahan untuk mempertajam naluri anda sebagai seorang wirausaha.  Jalani semuanya dengan gembira, lapang dada, dan pikiran positif.  Kelak jika anda sukses, perjalanan yang anda tempuh kali ini akan menjadi cerita yang tidak ternilai dan akan selalu dikenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar